Bisnis Online Saat Ini: Pengertian, Fakta, Dan Prospeknya Di Masa Depan

Tak dapat dipungkiri dan tak terbendung lagi bahwa kemajuan di bidang teknologi informasi telah memberikan warna baru dengan perkembangannya yang begitu pesat dalam 10 tahun terakhir ini pada dunia bisnis.

Apalagi saat ini telah didukung dengan kemudahan akses koneksi internet yang kini dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun melalui Smartphone, tablet, laptop, dll. Maka singkat cerita kemudian berkembanglah istilah bisnis online.

 

Pengertian Bisnis Online

Secara mudah saat ini bisnis online dapat diartikan sebagai segala bentuk aktifitas yang bertujuan menghasilkan laba atau keuntungan (komersil) yang kegiatan utamanya dilakukan melalui jalur internet, baik secara keseluruhan (full online) maupun sebagian (semi online).

 

Bisnis Full Online

Dikatakan bisnis full online jika produk atau jasa dan segala aktifitasnya mulai dari proses promosi/marketing, proses transaksi, hingga eksekusi akhir pengiriman produk/jasa tersebut keseluruhannya dilakukan secara online.

Jenis bisnis yang dapat dijalankan secara full online ini biasanya yang memiliki aktifitas & produk/jasa utama berbentuk trnsaksi trading online (forex, reksadana online, bitcoin, dll) & produk digital yang berupa software, aplikasi, ebook, video animasi, desain grafis, karya seni musik digital (misal: lagu, jingle, ringtone, dan sejenisnya), dan lain-lain. Karena proses produksinya dilakukan secara digital, maka proses promosi marketingnya, proses transaksi, hingga proses akhir pengiriman hasil transaksinya pun dapat dilakukan secara online.

Proses pengiriman produk/jasa digital dapat dilakukan via email maupun link download yang ditempatkan di website, digital online store, dan digital markeplace.

 

Bisnis Semi Online

Jenis kedua inilah yang saat ini paling banyak, karena sekarang hampir seluruh produk dan jasa dipromosikan dan dijalankan melalui internet. Hanya saja dalam rangkaian proses transaksi hingga proses akhir pengiriman produk/jasanya dipastikan ada yang dilakukan dengan campur tangan pihak ketiga secara offline.

Siapa pihak ketiga tersebut? Ya, Anda benar ! Ekspedisi atau kurir pengiriman !!! 🙂
Ya, tentu saja……dalam jenis bisnis semi online ini kebanyakan hasil outputnya berupa fisik yang juga memerlukan aktifitas fisik dalam proses pengirimannya.

 

Fakta Bisnis Online Di Indonesia

Fakta yang dapat ditemui dalam pemahaman para pelaku bisnis yang berasal dari masyarakat awam atau yang belum faham betul konsep bisnis online ini agak sedikit menggelitik saya. Kenapa?

Saya sering bertemu orang & beberapa kawan yang saat berjumpa atau janjian copy darat terlihat begitu sibuk dengan gadgednya. Dan ketika saya bertanya sedang sibuk apa, mereka menjawab sedang bisnis online.

Ketika ditanya lagi bisnis online-nya apa, kebanyakan berupa bisnis jaringan/MLM dengan produk fisik maupun toko online/marketplace yang juga dengan produk fisik. Iseng-iseng saya suka menjahili dengan nada bercanda sambil berkata bahwa yang mereka lakukan bukan full bisnis online.

Reaksi mereka? Ya jelas mendelik dan sambil berkerut dahi lalu berkata ngotot: “Ini full bisnis online lah, semua dilakukan secar online via web, chating, terus transfer online juga…”. Terus saya tanya: “Kirim barangnya online juga?”. Jawabnya: “Lah iya dong..begitu pembayaran selesai tinggal proses pengiriman!”. Ya saya timpali gini :”Tapi yang jelas yang kirim barang pesanan itu pasti manusia di alam nyata yang naik kendaraan dan bukan dikirim dari kuota internet kan?”…hehehe…

Singkat kesimpulan…..Masyarakat Indonesia kebanyakan  saat ini sudah terlanjur berasumsi bahwa segala kegiatan mencari uang lewat internet itu sudah bisa dikatakan full bisnis online, mau toko online kek, MLM kek, arisan online tipu-tipu kek, atau apalah apalah…. !!! 😀

 

Pospek Bisnis Online Di Masa Depan

Secara umum, prospek bisnis online dimasa depan masih sangat bagus dan terbuka lebar untuk dapat meraup keuntungan besar dengan biaya operasional yang lebih kecil dibandingkan bisnis yang dijalankan secara offline. Terutama dalam hal proses promo marketingnya, berikut rangkumannya:

  1. Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
  2. Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  3. Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
  4. Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email.
  5. Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.

Oke…bagi Anda yang ingin menambahkan atau memberi masukkan silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar yaaa… 🙂

 

Salam,

Ade Supriyatna
Praktisi Bisnis & Internet Marketing

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *